Selasa, 02 Oktober 2018

Sudah Siap Jatuh Cinta?




                Barangkali hidup seseorang tanpa cinta, bagai mawar tanpa air, perlahan layu, lalu kemudian ia mati. Cinta adalah fitrah yang telah Allah berikan kepada setiap makhluknya melalui gharizah nau’ sebuah hasrat melestarikan keturunan, memenuhi kebetuhan biologis yang mesti di implementasikan bila tidak ingin resah atau gelisah yang tak berkesudahan. Maka mereka yang menolak fitrah ini sama seperti melawan titah ilahi yang pasti berujung kerusakan, dan untuk itulah mengapa mencintai adalah sebuah keharusan.

Agar saat mencintai tidak sakit hati, agar ketika jatuh cinta tidak berakhir kecewa kesiapan diri perlu ditata. Maksudnya, setiap orang perlu menyiapkan hal-hal saat jatuh cinta, ini dilakukan agar hati tidak mudah terluka dan tidak menambah dosa. Karena betapa banyak ia yang jatuh cinta tetapi  hanya mendapatkan duka dan terjebak pada aktifitas yang menyeretnya pada kehinaan semata.

Lalu apa yang perlu dipersiapkan?

Pertama sekali adalah menyiapkan hati, karena saat jatuh cinta kita sedang berbicara tentang perasaan dan hatilah yang memiliki peran penting dalam hal ini. Saat jatuh cinta, pastikan hatimu merasakan ketenangan, cenderung untuk bersemangat dalam hal apapun utamanya ibadah. Sebab jatuh cinta sejatinya adalah hal positif. Bila dilangkah awal kita merasakan ini, silahkan lanjutkan kembali jatuh cintanya.

Kedua, akal. Informasi yang benar adalah saat dapat diterima oleh hati dan akal, pun soal jatuh cinta, perlu kiranya untuk dicerna oleh pikiran. Karena terlalu banyak menggunakan hati tanpa di imbangi dengan akal akhirnya pasti baper, mudah kecewa dan melanggar batas-batas syariat yang telah ditetapkan. Karena saat jatuh cinta semestinya seseorang itu tidak buta. Cerna oleh akal tentang perasaanmu, jika ia membawa pada aktifitas maksiat jatuh cintamu jelas salah, dan mesti berbalik arah.

Terakhir adalah doa, saat kita telah jatuh cinta mintalah kepada Allah agar senantiasa menjaga hati dan pikiran kita agar tidak melakukan hal-hal yang murkai Allah. Mohon perlindungan agar syaitan tidak mudah menunggangi perasaan.  Berdoa agar jatuh cinta ini diridhai oleh-Nya sehingga membawa kita pada kebaikan.

Jadi, sudah siap jatuh cinta?

Bagikan

Tulisan Lainnya

Sudah Siap Jatuh Cinta?
4/ 5
Oleh

Tinggalkan kesan.