Rabu, 20 Maret 2019

Imponderabilia



“…ada kekuatan-kekuatan dahsyat yang tak terduga yang bisa timbul pada samudera, pada gunung berapi dan pada pribadi yang tahu benar akan tujuan hidupnya.”Pramoedya A. Toer

            Beberapa hari lalu saya menemukan istilah yang cukup menarik untuk kita kembangkan menjadi sebuah obrolan sampai akhirnya mungkin akan menggerakkan kita menjadi seseorang yang lebih baik dari sebelumnya, lebih bermakna dan bermanfaat bagi sebanyak mungkin orang. Insya Allah.

Teman, bagaimana isi hati kita saat melihat magma/lava yang keluar dari perut gunung berapi, atau seperti apa perasaan kita saat melihat deburan ombak yang sangat tinggi?  Tak terbayangkan! Kurang lebih seperti ini pula-lah arti dari Imponderabilia, merefleksikan sesuatu yang sangat mengagumkan, membuat semua orang tercengang kala melihatnya.

Barangkali ini pula yang membuat kita kagum dengan seseorang yang memiliki keterbatasan dalam hidupnya tetapi ia berbuat seperti orang yang tidak memiliki keterbatasan itu.

            Mungkin tidak jarang kita melihat seseorang yang mohon maaf kurang secara fisik tetapi rela menempuh jarak jauh, berlama-lama bahkan bersakit-sakit untuk hadir dalam majelis ilmu, duduk bersama orang-orang shalih, mendengarkan musyrif-ulama memberikan nasehatnya. Atau dengan seseorang yang sama tetapi tetap berusaha mencari pekerjaan yang halal walaupun lagi-lagi keterbatasan itu melekat ia tidak pernah mengeluhkan keadaan, tetap semangat meski mungkin ada yang merendahkan.

Tentunya bila menggunakan pola pikir secara normal, mereka yang memiliki keterbatasan rasanya tidak mungkin melakukan hal-hal yang dilakukan oleh orang yang dapat melakukan apa saja, tidak memiliki halangan. Tetapi mereka dapat menembus hal itu, anggapan bahwa ia yang kekurangan fisik tidak dapat melakukan banyak hal adalah sebuah kekeliruan.

Bila ditanya, kira-kira apa yang menggerakkan mereka untuk tidak menyerah, apa yang membuat mereka tetap memiliki semangat untuk melangkah maju?

Tujuan. Inilah bara yang tetap menyala dan bertambah kuat panasnya seiring waktu. Karena tujuanlah yang mampu menghilangkan lelah, menyerap segala keluh dan kesah. Apapun yang dilakukan dengan tujuan ia seperti dorongan roket yang membantu pesawat antariksa menembus atmosfer bumi.

Adalah hal yang sangat menarik dengan apa yang dikatakan oleh kakek Pramoedya bahwa, ada kekuatan dahsyat yang tak terduga pada seseorang yang tahu tujuan hidupnya, bahwa ketika manusia memiliki tujuan ia mempunyai banyak daya untuk mencapainya karena tiada yang sulit bila tujuan sudah digenggam, hanyalah masalah waktu dan kesungguhan yang akan mewujudkan hal itu.

Nah, teman, bagaimana dengan kita ini? Sudahkah memiliki tujuan dalam hidup, dan yang tidak kalah penting apakah tujuan itu menghantarkan kita pada rida-Nya? Bila belum segeralah buat tujuan dalam hidup, sebab hidup yang tidak mempunyai tujuan sejatinya tidak pernah hidup.

Bila seseorang yang memilki keterbatasan dapat melakukan hal yang mengagumkan karena memiliki tujuan, mengapa kita tidak bisa melakukan hal yang sama bahkan mungkin dapat lebih baik. Hidup yang mengalir seperti air tidak akan pernah membawa kita pada indahnya berada di atas puncak sebab air selalu mengalir ke bawah, jatuh, lalu tertinggal.

Demikiankah ingin hatimu?

Terlebih sebagai seorang muslim kita memiliki tujuan yang sangat istimewa, ingin masuk surga Firdaus, surga paling tinggi untuk tempat kembali. Bukankah tujuan ini sudah cukup untuk membuat kita lebih semangat dalam beramal, beribadah dan mengerjakan sesuatu sebab kita mempunyai tujuan yang mulia dan tak ternilai.

Bila mungkin hari ini kita lemas dan lelah menjalani kehidupan, ingat-ingatlah kembali bahwa untuk apa Allah menciptakan kita, apa tujuannya? Tidak lain hanya untuk beribadah kepada-Nya. Maka mari jadikan setiap aktifitas kita lebih bermakna dan bernilai ibadah dengan selalu diniatkan karena-Nya. Seperti apapun tujuan hidup yang kita miliki pastikan ia membawa keridaan ilahi , karena ketika Ia sudah rida dengan seorang hamba, diberikanlah ‘kunci-kunci’ keberhasilan baik di dunia dan juga akhirat.

Imponderabilia adalah istilah yang mengajarkan kita untuk melakukan sesuatu yang tak terbayangkan, menakjubkan, mengagumkan, mencengangkan, dan itu semua dapat dilakukan bila kita mempunyai tujuan.

Jadi, apa tujuan hidupmu?

Saudaramu,
Harun Tsaqif


Bagikan

Tulisan Lainnya

Imponderabilia
4/ 5
Oleh

Tinggalkan kesan.